SHERLOCK HOLMES

Akhir-akhir ini gue sedang terobsesi dengan Sherlock Holmes, saking terobsesinya gue sampai mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari. Contohnya, begitu masuk kuliah gue nebak dosen, gue tebak dosennya wanita, umur kisaran 30-40an dan dia bawa motor, gurunya rapi dan ramah cuma tegas, entah beruntung atau apa, gue bener! kecuali di bagian umur, karena gak berani tanya "Bu, umur ibu berapa?" bukannya orang tua itu sensitif ya kalau ditanya umur? dan akhirnya gue pun mulai nebak-nebak temen gue "eh tadi lo abis makan gorengan ya?" "soalnya ada bekas minyak di sekitar bibir lo" gue jadi orang yang sok tau gitu deh *hehe* 

Sherlock Holmes sebuah karangan fiksi oleh Sir Arthur Conan Doyle, Mr. Doyle ini mampu membuat karakter Holmes menjadi nyata, bahkan gue menganggap Holmes ini beneran nyata. Tapi seperti dipikir lagi, adakah manusia seperti Holmes? Holmes itu lebih mirip sebagai mesin pemikir dibandingkan manusia, dia jarang tertawa, jarang emosi dan tidak punya cinta, kecuali kepada rekannya Watson dan induk semangnya Mrs. Hudson, itu juga entah namanya cinta atau kepedulian semata.

Sherlock Holmes dengan Irene Adler (Robert Downey Jr dan Rachel Mc Adams)
Hanya ada satu wanita yang mampu memikat Sherlock, tapi tidak bisa dibilang cinta, karena seperti kutipan asli dari novel Doyle "Yang namanya perasaan, apalagi yang satu itu, tak pernah ada dalam pikirannya yang serba kaku, serba tepat, tapi yang untungnya selalu stabil dalam jiwa Sherlock Holmes." Cuma, Irene Adler ini wanita istimewa, wanita yang tidak pernah dilupakan dan fotonya pun dipajang di dalam apartemen Sherlock. Sherlock lebih menghormati dan menghargai Irene, dibanding cinta. Irene adalah wanita pertama dan satu-satunya yang dapat mengelabui kepintaran Holmes.

Keunikan Sherlock Holmes mampu memikat ribuan bahkan mungkin puluhan juta manusia yang menggilai Holmes, hampir setiap hari Baker Street 221B di London selalu dikunjungi.
Cita-cita gue selain ke Yunani untuk mempelajari Dewa-Dewi gue juga mau ke London, mengunjungi museum Sherlock dan pastinya ke apartemen di Baker Street 221B.


Banyak sekali cerita yang diangkat ke dalam film atau series, setiap film atau series selalu berbeda-beda dari novel yang asli, kalau gue jelas gue menikmati series atau filmnya, walaupun terkadang gue kurang suka, karena melenceng jauh dari Holmes yang asli.

Dari sekian banyak yang memerankan Holmes, seperti : Sir Christopher Lee, Charlton Heston, Peter O'Toole, Christopher Plummer, Peter Cook, Roger Moore, John Cleese, Benedict Cumberbatch dan Robert Downey Jr, gue mengagumi Holmes yang diperankan Benedict Cumberbatch (series) dan Robert Downey Jr (film), menurut gue mereka berdua pas memerankan karakter ambisius, gila, kocak dan jelas jenius.

Benedict Cumberbatch as Sherlock Holmes


Gue mau bahas kenapa Sherlock Holmes pantas dicintai, berikut keunikan-keunikan Holmes:

1. Pengguna Narkotika

dari banyaknya keunikan Holmes, keunikan ini yang jelas membuat fans kecewa. Jika tidak ada kasus, Holmes terus menggunakan kokain. Dr. Watson selalu menasehati Holmes, tetapi Holmes selalu beralibi seperti :
"Aku ini otak Watson, bagian tubuhku yang lain hanya sebagai pelengkap dan aku tidak bisa untuk tidak berpikir, aku harus berpikir, beri aku sebuah kasus, beri aku sebuah kode sulit, maka aku stop menggunakan kokain".

2. Lupa Makan

Jika mendapati kasus sulit, Holmes tidak makan sampai berhari-hari, Holmes selalu bilang "otak manusia bekerja lebih baik saat perut kosong".

3. Mempunyai kakak laki-laki
Mycroft Holmes

Tidak ada yang pernah tau tentang asal-usul keluarga Holmes, tetapi suatu hari saat Holmes dengan Watson sedang duduk di perapian, Holmes menceritakan bahwa gen lah yang membuat dia jenius, bukan hanya latihan. Kakak laki-lakinya bernama Mycroft Holmes lebih jenius dibanding Holmes, hanya saja kakaknya tidak menggunakan kepintarannya untuk menjadi detektif konsultan seperti Sherlock.

4. Jago Menyamar

Setiap menemui kasus, Holmes selalu membuntuti mangsanya dengan menyamar, pernah dia menjadi seorang ibu-ibu, pengemis, gelandangan, seorang kusir kuda. Dan penyamarannya sangat sempurna, sampai Watsonpun tidak mengenali Holmes.

5. Low Profile

Setiap menangani kasus, Holmes tidak pernah pamer dan mau untuk disanjung atas keberhasilannya. Sherlock benci terkenal, sehingga detektif polisi yang menangani kasus bersama Holmes-lah yang mendapat kebanggaan dan dicintai masyarakat.


6. Ahli dalam pertarungan


Sherlock Holmes ahli dalam tinju, terkadang dalam menangani penjahat dia menampilkan berbagai kemampuannya dalam bela diri.

7. Partner Sejati - Watson. 


Watson adalah pensiunan dokter dalam perang Afghanistan, Watson satu-satunya teman yang Holmes punya. Mereka selalu memecahkan setiap kasus bersama-sama, mereka pun berbagi tempat tinggal bersama dan Holmes begitu patah hati saat ditinggal oleh Watson untuk menikah.

8. Mempunyai banyak teman dari kalangan gelandangan

Holmes lebih mempercayai gelandangan dan anak-anak jalanan untuk membantunya dalam menangani kasus dibanding polisi, "Mereka lebih mengetahui jalanan di London dibanding polisi" begitu kutipnya.

9. Mengetahui Dengan Lengkap Jalanan London

Holmes mempunyai peta dalam kota London dalam otaknya, dia hapal seluruh bagian dan jalanan. Makanya sulit untuk mengelabui Holmes jika dia diculik.

10. Ahli Biola

Sedang dalam kasus dan butuh berpikir, Holmes sering memainkan biolanya berjam-jam tidak berhenti.

Segitu aja yang gue tau untuk saat ini keunikan dari karakter Holmes, pokoknya gue addicted banget sama Holmes. I Love You, Mr. Holmes and thanks for Sir Arthur Conan Doyle who created the best novel ever. 


Post a Comment (0)
Previous Post Next Post