Apa sih SUKSES itu?

Sebagian orang terkadang bingung jika disuruh menjawab apa itu sukses? Ada hubungannya dengan cita-cita? Menurut lo sukses apa? Sukses itu bagaimana sih?.
Setiap orang punya takaran kesuksesan yang berbeda-beda. Kalau gue tanya teman-teman gue kebanyakan pasti pada menjawab “Sukses tuh kalo gue udah punya mobil” “sukses tuh kalo gue udah bisa punya rumah sendiri” atau gak, ada yang lebih mainstream “sukses tuh kalo gue udah bisa keliling dunia, punya duit banyak dan jadi orang kaya”.

Gue sih gak menyalahkan mereka, setiap orang punya hak untuk mengemukakan pendapatnya dan setiap orang bebas mau jadi sesukses apa. Terkadang orang-orang selalu mengaitkan kalau kesuksesan itu tercapai jika cita-cita udah terpenuhi. Nah loh, kalau begini gue gak akan pernah sukses dalam hidup gue dong? Karena kecil gue pengen banget jadi dokter atau gak polisi, sekarang udah gak mungkin untuk jadi seperti itu.

Menurut gue sukses itu adalah sebuah kebahagiaan, kalau ada orang yang tanya ke gue “Sukses itu kalau lo udah ngapain Van?” pasti gue jawab “Sukses menurut gue adalah saat gue bahagia”. Karena sukses itu bahagia, jadi gue merasa gue udah sukses untuk saat ini. Lalu mereka bertanya “bahagia? Lo ga kepengen punya rumah? Lo ga kepengen punya mobil? Lo ga mau keliling dunia?” gue jawab ke mereka “gue mau kok kalo Tuhan kasih, gue gak akan tolak. Tapi gue gak kepengen-kepengen amat harus punya rumah sendiri, karena menurut gue rumah adalah dimanapun saat lo berada bersama orang yang lo cintai. Masalah kendaraan, emang gue harus punya mobil? Kenapa ga lo targetkan lo punya pesawat? Keliling dunia? gue mau banget kok.”

Terus bahagia menurut lo gimana? Bahagia adalah saat lo bersama orang-orang yang lo sayangi, orang-orang yang merelakan hidupnya demi bersama dan melindungi lo. Bahagia itu sederhana. Bahagia tidak perlu harus punya rumah, mobil atau berkeliling dunia. Bahagia itu cukup duduk sambil menikmati teh hangat dan tertawa-tawa menertawakan hal bodoh bersama sahabat dan keluarga lo. Buat apa lo punya mobil dan rumah kalo lo gak bisa menikmatinya? Karena lo sibuk nyari duit yang banyak. Kalo uangnya udah banyak emangnya buat apa? Buat beli ini dan itu, buat begini buat begitu, kalo udah tercapai perasaan lo gimana? senang dong, gue bahagia. Nah! Bahagia kan? Pada akhirnya semua orang hanya ingin bahagia.

Yah namanya juga manusia, setiap manusia punya tingkat kepuasan berbeda-beda, ada yang begini udah puas, ada yang belum puas dan ada yang gak puas-puas.
Disini bukan bermaksud untuk mendoktrin untuk stop dan mengubah arah kesuksesan loh, tetapi lebih memberi pandangan lain. Yang jelas do what you love and love what you do. Terpenting juga keep fighting what your dreaming... Karena kalau kata Mc Donals "Everything start with a dream".


Salam,


Vanda Deosar



Post a Comment (0)
Previous Post Next Post