Nikah 30jt? Siapa Bilang Nggak Bisa!

Sebagai postingan pembuka yang disuruh oleh suami, aku mau berbagi kisahku menikah "cuma" 30.000.000 itu. Iya, 30jt, bukan 100jt, apalagi 200jt. Jujur, dulu belum paham banget apa itu menikah, kenapa orang-orang menikah harus mahal, terus apa itu tujuan nikah, kenapa harus nikah dan lainnya. Karena sedikitnya ilmu (dalam agama) tentang pernikahan, dulu maksa banget nikah harus mewah kayak orang-orang, minta ke calon untuk nabung, siapin uang 100jt, karena gak mungkin 30jt bisa nikah. Pokoknya harus begini begitu, bla bla dan bla. 


Eh tapi, mungkin ini yang namanya hidayah, aku diberikan kucuran rohani entah darimana aja, dari youtube tiba-tiba (walau tidak ada yang namanya kebetulan), atau dikirimin temen, dikasih tau juga sama calon dan orang-orang lain yang akhirnya membuka pikiranku apa sih pernikahan itu dan tujuannya itu untuk apa. 

Half-deen (Muhajir Project x Ust. Nuzul Dzikri), adalah seminar rumah tangga yang nomor 1 membuka pemikiranku yang sempit tentang pernikahan, menjadi lebih terbuka. Inti dari seminar berseri ini adalah sebuah pernikahan adalah proses menuju ketakwaan, pernikahan itu bukan suatu tujuan. Pernikahan hanya kendaraan untuk kembali ke sang pencipta. 

Jujur, tidak mudah meyakinkan orang tua untuk mengubah pemikiran mereka agar mau menerima konsep pernikahan kami yang sangat sederhana ini. Banyak banget lika-likunya, awalnya gak setuju, masa nikah di tempat gitu, harusnya begini begitu. Dan mendekati orang tua lewat agama, itu tidak mudah. Yasudah diubah strateginya dengan : nikah maunya segini aja, biar uangnya ada sisa buat hidup setelah nikah. Anda (panggilanku ke diri sendiri), gak mau punya hutang. Dan jujur, gak mampu menikah mewah. Akhirnya, setelah Allah mudahkan, Allah gerakan hati orang tua kami, alhamdulillah ala kuli hal, kami bisa menikah sesuai kemampuan kami. 

Btw, panjang banget ya intronya hehe, beginilah emak-emak kalau dikasih tempat curhat, panjaaaaaaaaaaaaang banget, maunya semua diceritain aja gitu. Oke, masuk ke intinya. Nikah 30jt itu bisa kok, asal mau. Ciyus, asal mau, semua ada jalannya, sekarang ask ourself, mau gk? 

Persiapan nomor 1 dalam pernikahan adalah : CATAT semuanya. Seluruhnya. Apapun itu. Setiap pengeluaran. D I C A T A T!!! Nah, mengandalkan teknologi, kami bikin spreadsheet agar aku dan suami bisa saling edit di gawai masing-masing. Suami sih yang canggih, aku mah mana paham. Hehe. Kami bener-bener banget catat dan bikin rencana, semua ditulis, konsep sampai harga. Nah untuk persiapannya, kami share sedikit ya : 

1. Tempat

Untuk tempat, kami memakai restoran. Restoran ini kami pilih untuk resepsi, tadinya mau sekalian akad disini, tapi gk boleh sama orang tua, akhirnya akad di musholla sebelah rumah dan resepsi di restoran. Kami memilih restoran yang gak jauh banget dari rumah (Matraman), yaitu di Rawamangun, kebetulan suami yang peka banget ini, pas perjalanan dia pulang abis main, dia liat spanduk kalau di restoran ini bisa buat menikah ehehe. Restoran Ayam Kriwil Rawamangun namanya. Disini sudah ada dekorasi yang lumayan, jadi gak perlu sewa tenda, piring-piring segala macemnya. Tapi kami tetep sewa pelaminan sih hehe. Gak mungkin kan menikah gak ada pelaminan. Karena restoran, yang diundang pun tidak banyak. Kami hanya mengundang 200 orang, jadi sekiranya para tamu undangan membawa rekan, tempat ini dapat menampung sekitar 400 orang. Kami ambil 350pax dan dikasih gratis 100pax hehe. Alhamdulillah, jadi 450pax, dan alhamdulillah lagi, cukup, malah lebih hehe. Untuk jam kami ambil pagi, yaitu jam 10-1 siang. 

RINCIAN : 

A. Tempat : Rp. 2.000.000 (5 jam)
B. Makanan : 350pax X Rp. 55.000 = Rp. 19.250.000

Tempat disini dapat 3 jam, dan 2 jam free. Kalau lebih dari 5 jam ada kena charge, tapi murah kok. Aku lupa harganya tapi gak sampai 100.000. Dan Untuk makanan kami ambil yang 55.000 (ada yang 65.000 dan 75.000). Isinya : 2 macam ayam, gado-gado, minum, buah, sayur, dan kerupuk. 

2. Pakaian dan Make up

Alhamdulillah, kami gratis. Iya, suami pakai jasnya sendiri, kemeja dan semuanya sendiri, karena alhamdulillah suami punya, sedangkan saya memakai pakaian akad dan resepsi secara gratis dari Syafa Wedding. Walaupun bayar, boleh bayar seikhlasnya. Kami hanya mengeluarkan uang untuk seragam among tamu, itu pun kami beli di shopee, di akal-akalin gitulah intinya, hehehe. Untuk orang tua, mereka pakai pakaian masing-masing, bener-bener gak repot sih. Dan kami gak ambil pusing nikah harus seragam, bebas aja gitu pakai semaunya yang penting sopan secara adat dan agama hehe. 

RINCIAN : 

A. Make up pengantin dan keluarga : Rp. 500.000 
B. Pakaian pengantin (bayar seikhlasnya hehe) : Rp. 500.000

3. Undangan

Sekali lagi, karena ingin sederhana, undangan pun benar-benar apa adanya. Walau sedih undangan dibilang kayak kertas (plak!), tapi diriku tidak peduli, menurutku ini undangan hanya formalitas dan ini terbaik yang bisa kami berikan. Kami cetak 200, dan tentu saja, lebihnya banyak, karena jaman sekarang sudah semua lewat chat. 

RINCIAN : 

A. Undangan : 200 X Rp. 1.250 : Rp. 250.000
B. Ongkir : Rp. 27.000 


4. Souvenir

Untuk souvenir, kami hanya menyediakan 350pcs. Ini pun beli di shopee, dan kami sediakan 3 bulan sebelum menikah, karena waktu itu lagi promo di shopee hehe. 

RINCIAN :

A. Undangan : 350 X Rp. 2.000 : Rp. 700.000

5. KUA

Yup, biaya KUA, administrasi, dan semua tetek bengeknya serta ngasih ucapan terima kasih ke penghulu, itu juga kami catat. 

RINCIAN :

A. KUA : Rp. 600.000
B. Administrasi dan bayar ini itu : Rp. 900.000

* bayar ini itu termasuk urus semua surat yang dibutuhkan pernikahan dan souvenir untuk Pak penghulu

6. Dokumentasi

Untuk kenang-kenangan suatu hari diliat anak atau diliat pasutri baru ini sebagai pengingat keromantisan, dokumentasi adalah suatu hal yang wajib, dan alhamdulillah lagi, kami memakai jasa teman, dan lagi-lagi, harganya murah. Jadi, coba cek-cek temen yang jago fotografi dan edit, selain untuk murah, juga sebagai ladang amal karena membantu jasa teman. 

RINCIAN :

A. Foto dan video : Rp. 2.500.000

7. Seserahan

Sebenarnya, ini tidak masuk dalam list kami, tapi aku sebagai wanita, mau dijajanin ini itu hehe. Jadilah seserahan ini hanya sebagai simbol yang penting ada. Isinya pun, semua wishlist akuuuu.

RINCIAN : 

A. Tas, Sepatu, Buku, dan lain-lain : Rp. 1.000.000

8. Lamaran 

Oh ya, ini biaya lamaran, juga harus dicatat. Dari makanan, sampai pakaian. 

RINCIAN :

A. Makanan dan buah-buah : Rp. 1.000.000

9. Dekorasi

Dekorasi disini adalah pelaminan saja, karena untuk dekorasi tempat, alhamdulillah tempatnya sudah bagus. Kami nemu jasa dekorasi ini di instagram dan masyaAllah, orangnya baik sekali. Coba lihat ke instagramnya : @athasya.wedding, dekornya bagus-bagus dan harganya terjangkau sekali. Disini juga ada jasa make up dan fotonya. 


RINCIAN : Rp. 1.325.000

10. Dan lain-lain

maksudnya adalah, spidol, buku tamu, tempat angpao, parkir dan segala hal biaya tidak terduga. Ini wajib banget sih menjadi perhatian dan harus pegang uang, waktu itu kami sediakan spare uang juga buat acara kalau-kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan.

RINCIAN : Rp. 1.500.000

11. Makanan akad

Oh ya, lupa, hehe. Akadnya, karena di musholla sebelah rumah, jadi kami tidak perlu bayar. Hanya menyediakan makanan untuk akad aja. Dan, kami pakai jasa dari Syafa Wedding, tempat sewa pakaian dan make up pengantin kami. Alhamdulillah, keluarga besar Papa juga banyak "nyumbang", seperti bawa makanan besar, cemilan, minuman dan buah-buah. 

RINCIAN : 

A. Lontong sayur : Rp. 500.000 (dapet sekitar 50 lebih porsi)

Jadi, total semua pengeluaran kami adalah 32.000.000, lebih 2.000.000 dari yang kami perkirakan hahaha. Tapi alhamdulillah, untungnya masih dalam bajet kami. 

Intinya, kita pasti bisa asal kita mau, nikah semampu kita. 32.000.000 itu pun hasil tabung, dan ada yang dikasih sama orang tua. Untungnya, dan alhamdulillah lagi, angpao yang padahal kami tidak berharap banyak malah kembali semua modal nikahnya. So, nikah gak punya hutang, tapi alhamdulillah (hehehe alhamdulillah terus pokoknya), malah jadi punya uang setelah menikah. 

Oke cukup sampai disini, sampai jumpa di postingan selanjutnya ya! Untuk pertanyaan-pertanyaan, silahkan di comment.

PS : 

Contact : 

1. ATHASYA.WEDDING : +62 895-3268-97811
2. SYAFA WEDDING : +62 821-8912-7435
3. UNDANGAN : hello.paperplane.id@gmail.com / +62 852-1397-6654
4. SOUVENIR : +62 856-4258-9127

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post