MENJELAJAHI BANYUWANGI DENGAN BUDGET MURAH SELAMA 3 HARI (PART I)

Kawah Ijen - Banyuwangi
Baper ngeliat teman-teman yang pada rencanain jalan-jalan dan lagi mumet karena jalanan di Jakarta super duper macet, membuat saya nekat ingin pergi keluar dari kota ini entah kemana yang penting seru dengan budget murah. Alhasil, Banyuwangi lah yang dipilih sebagai destinasi kali ini. Kebetulan, kakak ipar dan orang tuanya tinggal disana, kebetulan juga dia lagi ke Jakarta, nah pas kan saya mau ikutan dia pas dia balik lagi ke Banyuwangi, biar ada temennya haha.

Saya memilih tanggal 25 Juli 2017 sebagai keberangkatan, dan karena ceritanya backpackeran, saya naik kereta Ekonomi gaya baru malam dari Pasar Senen ke Surabaya Gubeng, berangkat jam 10.15 pagi, baru sampai Surabaya 01.45 dini hari hari Rabu 26 Juli 2017, terus kereta selanjutnya ke Banyuwangi baru ada 04.25 subuh, yaudah tidur dulu deh di Stasiun sambil keluar nyari sarapan pagi buat di kereta nanti. Ga terasa waktu udah berlalu, akhirnya saya berangkat ke Banyuwangi dengan kereta Probowangi dan sampai di Banyuwangi Baru jam 11.40 siang. Lanjut naik angkot ke rumah kakak ipar, ongkosnya 4.000/orang, ternyata rumahnya deket banget sama pelabuhan Ketapang, nengok sedikit udah pantai Waru Doyong. Begitu sampai saya langsung rapi-rapi dan bersih-bersih serta unpack barang-barang, sholat, makan, mandi lalu malah kecapekan tidur. Haha.

Sorenya diisi dengan jalan-jalan ke sumur gitu, katanya sumurnya dingin dan airnya enak diminum. Namanya apa lupa yang jelas perjalanan kesana pemandangannya oke banget. Terus lanjut main layangan di Pantai Waru Doyong. Abis itu istirahat, malemnya dilanjutkan dengan jalan-jalan ke alun-alun Sritanjung sambil makan kacang rebus dan main balon sabun. Alun-alunnya ramai, bersih dan unik. Banyak spot foto bagus kalau mau kasih makan instagram disini haha.


27 Juli 2017, dimulailah perjalanan untuk jalan-jalan yang lebih jauh dan gue memutuskan untuk ke Watu Dodol (gak jauh sih haha), surprise banget, ombaknya tinggi anginnya kenceng dan bingung mau ngapain, cuma bayar parkir juga Rp. 2.000. Karena bingung, akhirnya jalan pulang terus istrirahat (lagi) haha. Siapin makanan, baju ganti, senter, masker, sepatu dan tenaga buat ke Ijen yess!!!. Jam 4 sore, karena hari masih terang dan supaya gak serem membelah hutan, saya jalan ke Ijen menggunakan sepeda motor. WAH! JALANANNYA! Mantaaaaap banget. Kabut, licin, hujan, basah, gak ada kendaraan lewat sama sekali dan malam jumat! Cuma berduaan sama adik pula dan yang pasti kalau ngeliat aneh-aneh dia juga takut. Berbekal bismillah dan shalawat (diingetin terus sama ibunya kakak ipar untuk terus bershalawat dan melantunkan ayat kursi) akhirnya sampai pukul 6 sore, pas banget sama maghrib dan you know, tak ada manusianya sepanjang melihat kanan-kiri huhuhuhu. Abis parkir motor, kita cari warung yang minimal ada pengunjungnya, untunglah ketemu sepasang cewek-cowok yang lagi nunggu temen-temennya dari Surabaya, sok kenal ajalah sama mereka dibanding gak ada temen sama sekali.

Oh ya, jangan kaget dan mesti TEBEL MUKA, karena banyak tukang warung yang nawarin tenda, 1 tenda kecil untuk 2 orang seharga Rp. 150.000 dan bebas mau camp dimana, karena emang kita harus fit untuk mendaki Ijen jadi emang diharuskan tidur. Tipsnya adalah : jangan remehin apapun walau cuma Ijen! Gak boleh sombong intinya deh.  Kawah Ijen mulai dibuka pukul 2 pagi – 12 siang. Kawah ijen gak ada tutupnya, bahkan high season pun pengunjung bakal puluhan ribu, weekend pun sampe seribuan, hari biasa sampai ratusan. Awalnya saya gak percaya, eh bener aja pas jam 11 malem, penuh orang dan ramai datang berbondong-bondong. 50% yang datang rata-rata orang asing. Oh ya tiket bagi pengunjung lokal Rp. 5.000 (weekdays) dan Rp. 7.500 (weekend) kalau WNA Rp. 100.000 (weekdays) dan Rp. 150.000 (weekend), mereka pun yang asing harus daftar tamu dan memakai tour guide, kisaran Rp. 400.000 / orang. Mahal kan? Untung aja saya orang Indonesia hehe. Karena pendakian masih lama, saya numpang tidur di warung bu I’m dan dalam mengusir lapar serta ngantuk saya jajan banyak, kopi (Rp. 8.000) dan Indomie (Rp. 9.000). Untungnya warung ini ada tungku, jadi saya memanaskan tubuh disitu karena dinginnya itu pake BANGET!!! Gigi sampai bergemeletuk saking dinginnya huhuhuhu.

Entah karena saya emang pelor atau capek (padahal baju basah dan dingin begitu), tiba-tiba kebangun dan udah jam 12 malem, orang udah penuuuuuuh banget. Dari berbagai macam daerah dan Negara kumpul jadi satu demi blue fire yang katanya cuma ada 2 di dunia ini (satunya ada di Selandia). Oh ya, disini ada toilet dan musholla, jangan takut kotor atau bau, disini bersih kok cuma airnya aja dingin banget dan bayar 2.000/pipis atau poop haha.

TIPS PENDAKIAN IJEN :

1. Bawa senter / headlamp soalnya kalau sewa Rp. 10.000/buah
2. Bawa masker sendiri, harga sewa disana Rp. 25.000/buah (tawar aja, bisa kok jadi 20.000) nah maskernya bukan masker biasa, usahain masker corong soalnya belerangnya parah bau banget
3. Pakai pakaian hangat dan sepatu yang tidak licin
4. Bawa jas hujan
5. Bawa makanan dan minuman (secukupnya)
6. Ga usah pakai pakaian bagus, nanti bau belerang, dan baunya itu gak hilang-hilang walau udah dicuci
7. Usahakan dalam kondisi fit karena jalannya terus mendaki dan dinginnya cuaca dapat memperlambat
8. Bawa kamera professional untuk blue fire
9. Olahraga minimal seminggu sebelum ke Ijen, biar ga malu sama bule yang jalannya cepet kayak flash
10. Baca doa sebelum berangkat

Jam 2 tepat loket berbarengan dengan pintu masuk kawah ijen dibuka alhasil antrian membludak. Ini sih yang membuat saya kesel, kenapa ga 1 jam sebelumnya loket dibuka jadi ga mesti antri sampe segitunya huhuhuhu. Alhasil pula karena antrian loket dan pintu masuk saya baru bisa mendaki jam 3 malam. Perjalanannya cukup seru, yang jelas sih ngos-ngosan dan capek. Terus menerus naik ke atas, jarang jalan datarnya, lebih sering mandek di jalan saya hehe, maklum udah gendut :((((. Memotivasikan diri dengan blue fire akhirnya saya sampe juga, tapi seharusnya bisa 1 jam aja, perjalanan gue molor jadi 1 ½ jam hufht. Sampe disitu subuh dan bener aja! Blue fire indah banget, sayang saya cuma punya kamera hp dan foto pun hasilnya ga akan memuaskan uhuhuhuhu. Adik saya sampai turun banget ke bawah ke depannya blue fire persis, padahal jalan ke bawahnya asli pegel masih jauh. Oh ya, disini juga kita akan menemukan para penambang belerang yang lagi kerja ngerok belerang untuk dijadikan souvenir, kalau ada rejeki lebih beli aja, kasihan mereka sekali manggul belerang di punggungnya sampai 25kg. Kalau capek naik-turun, kawah ijen nyediain semacam troli (dipanggilnya taksi) seharga Rp. 700.000 untuk pulang-pergi, tapi emang ga sayang udah jauh-jauh ke Ijen masa pake jasa gituan? gak dapet momennya kalau menurut saya haha. Kecuali kalau sakit banget dan udah ga sanggup, terus punya duit banyak, bebas aja sih haha. 


Perjalanan ke bawah lebih menakjubkan dibanding ke atas, kalau ke atas gelap gak bisa lihat apa-apa, ke bawah udah terang dan bisa lihat banyak pemandangan. Bisa liat gunung meranti juga, dan bisa lihat muka bule-bule ganteng lebih jelas (hehehehee). Kebetulan pas turun saya bareng bule cewek dari Amerika dan karena dia kecepetan jalannya (makannya beda, dia mah roti kalau saya nasi hehe) akhirnya saya ketinggalan dan untungnya bareng lagi dengan  2 bule Perancis, mereka untuk sekali daki 425.000/orang loh!. Sampe bawah, saya baru tau yang namanya hati lega kayak apa, legaaaaa banget. Perjalanan selamat, puas sama diri sendiri karena sanggup dan suguhan pemandangan yang amazing. Pokoknya bahagiaaaaa banget. Orang Indonesia jangan kalah sama bule nih, bule aja bela-belain ngeluarin kocek mahal demi kesini, masa kita nggak. Serius deh murah kok.

BIAYA – BIAYA (PART I)
Tiket kereta : Ps. Senen – Surabaya Gubeng Rp. 104.000
                    Surabaya Gubeng – Banyuwangi Baru Rp. 56.000
                    Angkot ke rumah Rp. 4.000
                    Watu Dodol – Rp. 2.000 (parkir)
                    Ijen :
* Tiket kawasan Rp. 3.000
* HTM Rp. 5.000
* Sewa Masker Rp. 25.000
* Kopi dan Indomie Rp. 17.000
* Makan 2 hari Rp. 50.000
* Bensin 2 hari Rp. 25.000

Total hanya Rp. 291.000. Gimana? Murah kan? :D So, tunggu apalagi? Jangan lupa ya ikutin postingan berikutnya untuk pengalaman ke Rumah Apung dan Taman Nasional Baluran :)
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post